Iran Luncurkan Lebih Dari 300 Drone dan Rudal ke Israel

2 min read

Berita For4DIran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel – 99% dari jumlah tersebut telah ditembak jatuh, kata militer Israel. Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Laksamana Muda Daniel Hagari, juga mengatakan bahwa sebagian drone dan rudal tersebut ditembakkan dari sejumlah negara, seperti Irak dan Yaman. Presiden Joe Biden mengatakan AS “membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang datang dari Iran.

Laksamana Muda Daniel Hagari mengeklaim serangan Iran menimbulkan “kerusakan kecil” terhadap pangkalan IDF di Israel selatan. Ada pula laporan gempuran tersebut mencederai seorang anak perempuan. Menurut laporan seorang pejabat pemerintah, Presiden Joe Biden telah mengatakan kepada PM Israel Benjamin Netanyahu bahwa AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi serangan apa pun terhadap Iran.

Serangan melibatkan drone, rudal jelajah, dan rudal balistik

Serangan Iran mencakup 170 drone dan 30 rudal jelajah, namun tidak ada satupun yang memasuki wilayah Israel, kata militer Israel pada Minggu (14/04). Kemudian ada pula 110 rudal balistik yang sebagian kecilnya mencapai Israel, kata juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Laksamana Muda Daniel Hagari dalam pernyataan yang disiarkan televisi. BBC belum memverifikasi angka-angka tersebut secara independen. Jarak terpendek dari Iran ke Israel adalah sekitar 1.000 km, melintasi Irak, Suriah, dan Yordania.

Gempuran diluncurkan dari sejumlah negara

Pada Sabtu (13/04) malam, Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) menegaskan telah meluncurkan drone dan rudal. Sumber keamanan Irak mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa sejumlah proyektil terlihat melintasi wilayah Irak menuju Israel. IRGC mengatakan sejumlah rudal balistik ditembakkan hampir satu jam setelah drone dilesatkan sehingga seluruh drone dan rudal akan menggempur Israel pada waktu yang hampir bersamaan.

Departemen Pertahanan AS mengatakan pasukan AS mencegat puluhan rudal dan drone yang diluncurkan dari Iran, Irak, Suriah, dan Yaman. Kelompok Hizbullah di Lebanon yang didukung Iran juga mengatakan pihaknya telah menembakkan dua rentetan roket ke pangkalan militer Israel di Dataran Tinggi Golan – sebuah dataran tinggi yang dirampas Israel dari Suriah dalam sebuah langkah yang tidak diakui oleh sebagian besar komunitas internasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours