Daftar Pebalap MotoGP yang Paling Banyak Jatuh di Musim 2023

2 min read

Pembalap MotoGP Paling Sering Jatuh

Berita For4DMotoGP musim 2023 telah rampung dan mengantarkan Francesco Bagnaia menjadi juara dunia untuk kedua kalinya. Selama satu musim bergulir, ajang ini turut mencatatkan pebalap yang paling banyak terjatuh. Di mana pebalap Repsol Honda Marc Marquez memiliki angka terjatuh terbanyak. Dilansir dari Crash (2/12/2023), Marquez mengalami 29 kecelakaan. Sebelumnya, Marquez juga memiliki rekor 27 kali terjatuh pada musim 2017.

Posisi kedua dalam daftar adalah rekan setim baru Repsol Honda Joan Mir , yang terjatuh 24 kali meski melewatkan tiga event. Rekor tertinggi Mir sebelumnya adalah 12 kali terjatuh pada musim rookie 2019, di Suzuki. Pebalap non-Honda yang paling banyak terjatuh adalah Aleix Espargaro dan rookie KTM Augusto Fernandez , dengan 23 kali. Sementara itu, yang paling banyak terjatuh di Ducati adalah Alex Marquez, yaitu 21 kali, menyamai perolehan saat musim terakhirnya di Honda.

Para pebalap Yamaha sama-sama mencatatkan satu digit, dengan Fabio Quartararo dan rekan setimnya Franco Morbidelli yang sama-sama mengalami sembilan crash. Seperti Morbidelli dan Maverick Vinales dari Aprilia, juara dunia baru Francesco Bagnaia hanya terjatuh tujuh kali musim ini. Jumlah total terjatuh di kelas premier bertambah menjadi 23 kecelakaan pada musim ini, dari 335 menjadi 358 kecelakaan.

BACA JUGA : 7 Tempat Paling Aneh di Dunia, Ada Air Terjun Darah

Secara keseluruhan, untuk MotoGP, Moto2, dan Moto3, terjadi 1.012 kecelakaan tahun ini dibandingkan 1.106 pada musim lalu. Sebagai informasi, Aron Canet paling banyak terjatuh di Moto2 (24 kali), sedangkan rookie David Alonso memuncaki kecelakaan di Moto3 (23 kali). Dalam hal trek, Sirkuit Internasional Buddh yang licin setara dengan Sirkuit Le Mans yang mencatat kecelakaan terbanyak.

Pada semua kelas grand prix, kedua sirkuit sama-sama mencatat 79 kali kecelakaan selama balapan akhir pekan tahun 2023. Untuk diketahui, statistik resmi MotoGP hanya menghitung kecelakaan selama balapan akhir pekan, dan tidak menghitung kecelakaan apa pun yang terjadi selama pengujian.

You May Also Like

More From Author

1 Comment

Add yours

+ Leave a Comment