Penembakan Massal Di Universitas Charles Ibu Kota Praha, 14 Orang Tewas

3 min read

Kasus Penembakan Massal Di Republik Ceko

Berita For4D – Seorang mahasiswa Charles University di Praha menembak dan membunuh 14 orang serta melukai 25 lainnya, pada Kamis (21/12/2023), sebelum ditemukan tewas. Ini merupakan penembakan massal terburuk dalam sejarah modern Republik Ceko. Kepala polisi kota, Martin Vondrasek, mengatakan bahwa jumlah korban tewas mungkin akan bertambah, dan menambahkan bahwa penembakan tersebut merupakan

“serangan kekerasan yang direncanakan,” yang tampaknya terinspirasi oleh pembantaian serupa di luar negeri.

Menteri Dalam Negeri Ceko, Vít Rakusan, mengatakan tidak ada indikasi pembunuhan yang terjadi di gedung fakultas seni universitas tersebut “ada kaitannya dengan terorisme internasional.”

Sebelumnya ayah sang penembak ditemukan tewas. Vondrasek mengatakan jenazah ayah siswa tersebut ditemukan di rumahnya di kota Hostoun, sebelah barat Praha, pada pukul 12.40 siang.

Polisi mengatakan tak lama setelah pukul 15.00 waktu setempat, mereka merespons kasus penembakan di Jan Palach Square, dekat lokasi wisata seperti Jembatan Charles abad ke-14 di pusat kota Praha. Kurang dari satu jam kemudian, mereka mengatakan di X bahwa penembak telah “dihilangkan” dan seluruh bangunan sedang dievakuasi.

Guru dan siswa diinstruksikan melalui email untuk berlindung saat tindakan polisi sedang berlangsung.

“Tetap di sini, jangan kemana-mana. Jika Anda berada di kantor, kunci dan letakkan furnitur di depan pintu, matikan lampu,” isi email tersebut.

BACA JUGA : Fakta Kasus Ajudan Bupati Kutai Barat Aniaya Sopir Truk CPO, Kini Berakhir Damai

Beberapa mahasiswa memasang gambar pintu-pintu di dalam universitas yang dibarikade tertutup.

“Saat ini terjebak di dalam kelas saya di Praha. Penembak sudah mati, tapi kami menunggu untuk dievakuasi. Berdoa agar bisa keluar hidup-hidup,” tulis salah satunya, Jakob Weizman.

Yang lain memanjat ke tepian sempit dalam upaya putus asa untuk melarikan diri dari penembak. Polisi menetapkan bahwa mahasiswa tersebut, yang tidak disebutkan namanya, seharusnya menghadiri kuliah di universitas tersebut pada pukul 14.00. Penggeledahan di gedung utama fakultas seni diperintahkan segera, kata kepala polisi, tetapi tersangka – yang merupakan pemilik sah beberapa senjata – pergi ke gedung lain, di mana dia melepaskan tembakan. Laporan pertama mengenai penembakan diterima pada pukul 14.59 dan tim Swat tiba di lokasi 12 menit kemudian.

Pada pukul 15.20, kata Vondrasek, ia mendapat informasi bahwa jenazah penembak tergeletak di langkan gedung. Dia mengatakan tersangka menderita “luka parah,” namun tidak jelas apakah dia bunuh diri atau tewas akibat tembakan polisi.

Petr Nedoma, direktur Galeri Rudolfinum di seberang lokasi kejadian, mengatakan kepada Czech TV bahwa dia telah melihat penembaknya.

“Saya melihat seorang pemuda di galeri yang membawa senjata di tangannya, seperti senjata otomatis,” katanya.

“Dia menembak ke arah Jembatan Mánes, berulang kali. Lalu saya lihat saat dia menembak, dia mengangkat tangannya dan melemparkan senjatanya ke jalan, tergeletak di sana di penyeberangan pejalan kaki,” kata Nedoma.

Saksi lain mengatakan kepada situs berita lokal iDnes.cz bahwa dia termasuk di antara mereka yang dievakuasi dari gedung tersebut.

“Sangat menakutkan, banyak polisi di meneriaki kami dengan senapan mesin ringan, menyuruh kami lari keluar,” katanya.

Presiden Ceko, Petr Pavel, mengaku sangat terkejut dengan kejadian di universitas tersebut. “Saya ingin menyampaikan penyesalan mendalam dan belasungkawa yang tulus kepada keluarga dan kerabat korban penembakan,” ujarnya.

Perdana Menteri, Petr Fiala, membatalkan perjalanan ke bagian timur negara itu karena “peristiwa tragis di Fakultas Filsafat” dan kembali ke Praha, sementara Svoboda mengatakan dia “sangat terkejut.”

Video lengkap, cek sosial media @beritafor4d ya guys!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours